Kegiatan Anak Yatim

Kegiatan Anak Yatim

Kegiatan anak yatim yang dilaksanakan di setiap yayasan kini lebih ditingkatkan dalam hal peningkatan kualitas diri dan kesetiakawanan serta kegiatan sosial lainnya. Semua kegiatan itu ditujukan untuk memberikan aktivitas bagi tiap anak agar mereka mampu brinteraksi dengan kehidupan diluar mereka tanpa harus merasakan perbedaan seperti yang terjadi saat ini, dimana setiap anak yatim harus merasakan perhatian yang berbeda terutama mereka yang memiliki kekurangan-fisik ataupun mental-

Anak yatim adalah anak yang ditinggal mati oleh ayahnya sebelum menginjak umur baligh. Dalam Islam anak yatim memiliki kedudukan tersendiri,mereka mendapat perhatian khusus dari Rasulullah saw. ini tiada lain demi menjaga kelangsungan hidupnya agar jangan sampai terlantar hingga menjadi orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, kita sebagai umat Rasulullah saw hendaknya kita mencontoh apa yang telah dilaksanakan oleh beliau, karena dalam Islam pun juga telah dianjurkan untuk saling tolong menolong. Memberikan bantuan kepada anak yatim dan memberikan rasa tenang serta senang merupakan hal yang sangat diajarkan dalam Islam. Memberikan berbagai aktivitas dan kegiatan anak yatim akan sangat membantu mereka untuk menjadi lebih mandiri dalam menghadapi kehidupan.

Kita sering mendengar cerita tentang kehidupan anak yatim yang bertahan hidup ditengah kerasnya dunia, namun tidak menghentikan semangat mereka untuk tetap maju. Ada pula banyak cerita yang mengisahkan kehidupan anak yatim yang telah sukses berkat kegigihan dan kekuatannya dalam menghadapi kejamnya dunia yang tertuju padanya, namun mereka terus bangkit dan melangkah maju untuk mengubah kehidupannya agar menjadi sukses. Jadi disini tidak ada keterbatasan bagi anak yatim untuk terus berkembang menjadi sukses dalam kehidupannya.

Kegiatan Anak Yatim sebagai Motivator Yang Handal

Jika diatas kita membicarakan tentang semangat dalam diri anak yatim untuk maju, lalu bagaimana bagi mereka yang merasa rendah diri akan keterbatasan dirinya? Jawaban yang paling tepat adalah dengan memberikan berbagai kegiatan anak yatim yang bermanfaat. Misalnya dengan memberikan bimbingan, pemahaman serta dorongan agar mampu memilik hidup yang lebih baik dan mampu bertahan dalam kehidupannya sebagai pribadi yang bertanggung jawab. Selain itu juga bisa diselenggarakan berbagai aktivitas untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk melangkah lebih maju.

Kita sebagai umat Rasulullah saw, kita mempunyai tanggung jawab untuk memuliakan anak yatim sebagaimana telah banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadist yang menganjurkan kita untuk menyayangi anak yatim. Betapa mulianya orang yang mau berbuat demikian, sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari bersumber dari Sahl bin Sa’ad bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, “Saya yang menanggung (memelihara) anak yatim dengan baik ada di surga bagaikan ini, seraya Beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah dan Beliau rentangkan kedua kaki jarinya itu” (H.R. Bukhari).

Orang-orang yang bergabung dalam sebuah yayasan (rumah Dhuafa), mereka adalah orang yang suka rela memberikan perhatian dan menyayangi anak-anak yatim untuk memberikan tempat dan kedamaian untuk kehidupan mereka. Beberapa kegiatan anak yatim yang biasa diselenggarakan dalam tiap yayasan diantaranya dengan melakukan kegiatan yang bersifat keagamaan seperti :

  1. Melakukan berbagai kegiatan amal, zakat, infaq, dan shodaqoh
  2. Merayakan berbagai kegiatan untuk menyambut datangnya hari-hari besar keagamaan
  3. Perjumpaan Hari Raya dan Rumah Terbuka Yayasan.
  4. Tadarus al-Quran dan Majlis Khatam Quran yang diadakan pada setiap bulan Ramadhan. Selain itu masih banyak kegiatan anak yatim lainnya yang biasa dilaksanakan dalam sebuah yayasan bagi anak yatim.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose

SEO Powered By SEOPressor