Perdalam Keikhlasan dengan Cerita Santunan Anak Yatim

Perdalam Keikhlasan dengan Cerita Santunan Anak Yatim

Setelah kita membaca berbagai cerita santunan anak yatim saya yakin tentu kita sebagai seorang muslim akan tergugah sebuah niat untuk membantu mereka. Islam telah mendorong pemeluknya agar memiliki akhlak mulia. Salah satu akhlak mulia itu adalah menyantuni anak yatim. Sesungguhnya, anak yatim adalah manusia yang paling membutuhkan pertolongan dan kasih sayang. Karena ia adalah anak yang kehilangan ayahnya pada saat ia sangat membutuhkannya. Ia membutuhkan pertolongan dan kasih sayang kita, karena ia tidak mungkin mendapatkan kasih sayang ayahnya yang telah tiada. Jika anda melihat seseorang yang penyayang kepada anak-anak yatim dan menyantuni mereka, maka ketahuilah bahwa ia adalah seorang yang berbudi dan berakhlak mulia, karena menyantuni anak yatim sungguh pahalanya sangat luar biasa.

Seperti salah satu cerita santunan anak yatim yang pernah saya ketahui yaitu, Suatu ketika Saib bin Abdulloh rodhiyallohu ‘anhu datang kepada Nabi saw, maka Nabi bersabda kepadanya :

“Wahai Saib, perhatikanlah akhlak yang biasa kamu lakukan ketika kamu masih dalam kejahiliyahan, laksanakan pula ia dalam masa keislaman. Jamulah tamu, muliakanlah anak yatim, dan berbuat baiklah kepada tetangga.” (HR.Ahmad dan Abu Dawud).

Hadist Rasulullah saw Tentang Keutamaan Cerita Santunan Anak Yatim

Dari hadist Rasul tersebut jelas beliau memerintakan kepada kita untuk memuliakan anak yatim, sebab dalam hadist lain Rasul pun pernah bersabda: “ bahwa siapapun yang menyantuni anak yatim dengan tulus ikhlas, maka kelak di akhirat seperti jari tengah dan jari telunjukku yang begitu dekat denganku”. Oleh karena itu saling berlomba-lombalah untuk berbuat kebaikan dengan menyayangi dan menyantuni anak yatim sebagaimana telah Rasul sampaikan.

Menyantuni anak yatim sungguh pahalanya luar biasa dan mengandung hikmah yang sangat dalam maka dari itu banyak yayasan panti asuhan anak yatim rumah dhuafa yang sangat mengedepankan pendidikan untuk anak panti yang nantinya bisa mandiri dengan pembekalan ilmu yang di kuasai. Selain itu juga untuk menanamkan rasa saling peduli dan mengasihi terhadap sesama, semoga dengan cerita santunan anak yatim bisa memotivasi setiap pribadi untuk menjadi orang yang lebih baik. Amin.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose

SEO Powered By SEOPressor